Rabu, 15 Juli 2015

PENYEBAB POWER AMPLI PROTECT

Power ampli kondisi normal"protect",apa penyebabnya?
Kali ini kita mengulas bagian-bagian power yang berakibat terjadinya protec,
apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?






penyebab power ampli protect




Komponen (alat) protect berfungsi sebagai pengaman akan terjadinya kerusakan yang lebih fatal.
Cara kerjanya seperti saklar/ swicth / relay,
ketika ada masalah,,, protect akan bekerja.

Komponen protect yang umum digunakan adalah protec panas dan protect tegangan,
Protect panas bekerja ketika panas melebihi batas yang ditentukan.
Protect tegangan bekerja ketika tegangan tidak stabil (over).


Sebagai bahan pembahasan "power amplifier 4ch kelas AB" yang saat ini umum dipasaran.

1.Power ampli protect ketika bass dibesarkan/ dikuatkan (vol dinaikkan)

Protect ini terjadi karena daya (watt) yang disalurkan ke speaker kurang mampu. Umunya protect ini terjadi ketika power kita gunakan untuk mendorong sub-woofer, karena beban dari sub-woofer melebihi kemampuan dari power untuk menyalurkan daya.

Jadi ketika suara kecil maupun sedang tidak ada masalah namun ketika suara kita besarkan terutama bagian bass maka power protect.Ini akibat power tidak mampu mendorong sub woofer.

Untuk mengatasinya, ganti power yang lebih bertenaga/ watt besar,agar mampu mendorong speaker/ sub woofer.Atau speaker/sub woofer diganti ke watt yang lebih kecil agar dapat mengibangi daya yang di terima. Maka intinya adalah sesuaikan kemampuan power dengan speaker/sub woofer yang anda pakai.

2.Power ampli protect akibat ada speaker yang rusak

Namun tidak semua power ampli akan protect ketika ada speaker yang rusak,ada beberapa power ampli kelas AB yang tidak begitu sensitif protectnya ketika ada speaker yang bermasalah. Power ampli tetap bekerja dengan normal megeluarkan daya ke speaker,hanya saja suara jadi timpang karena ada speaker yang rusak.

Dan power yang sensitif proteksinya akan protect jika ada speaker yang bermasalah. Protect yang bekerja disini protect tegangan. Untuk mengatasi masalah ini biarkan power tetap terpasang,kemudian lepas semua kabel speaker dari terminal speaker power ampli. Lalu beri tegangan (nyalakan audio anda seperti biasa). Jika indikator "protect" yang menyala maka power ampli anda ada masalah. Namun jika indikator "power" yang menyala, maka masalah ada pada speaker.

3.Power ampli protect akibat panas berlebihan

Ketika power bekerja maka transistor penguat akhir(Tr final) mengeluarkan panas, semakin berat kerja power maka semakin besar panas yang ditimbulkan.Panas dari power disalurkan ke casing (pendingin power) berupa lempengan alumunium. Lempengan alumunium sekalian menjadi body power ampli.

Panas body power ampli memiliki batas maksimal,ketika panas melebihi batas maka protect panas akan bekerja.Protect ini di rancang untuk menghindari kerusakan pada komponen power ampli. Hal ini bisa terjadi akibat power dipaksa bekerja melebihi kemampuannya. Untuk mengatasi masalah ini,ada baiknya power ampli jangan dipaksa kerja terlalu berat,karena beresiko akan terjadinya kerusakan pada komponen power ampli.

Tapi jika anda menginginkan suara yang maksimal (db besar),ada baiknya power ampli diganti dengan power ampli yang lebih bertenaga (watt yang lebih besar) dari sebelumnya. Masalah seperti ini umum terjadi pada penggemar audio SPL.

4.Power ampli protec akibat tegangan lemah

Jika tegangan yang diterima power ampli lemah,akan menimbulkan protect. Baiknya anda periksa kembali kabel (B+ ,Ground,Remote). Kemungkinan ada sambungan ataupun konektor yang kurang bagus, mengakibatkan lemahnya tegangan(strum)yang diterima power ampli. Tegangan remote (rem) yang disalurkan Head Unit stabil 12V, jika lemah dapat menimbulkan protect.Remote bertugas sebagai saklar (on/off) pada power ampli.

Nah...untuk power ampli yang protec akibat kerusakan pada komponen,silahkan baca "protect akibat mesin power rusak".

Itulah beberapa penyebab power ampli protect.
Semoga membantu bagi sobat yang mengalami hal ini, dan dapat lebih mudah untuk memahaminya.


Power Ampli Mobil Bekas

16 komentar:

  1. Gan saya mau tanya nih.saya pake PA kicx 1500watt buat dirumah,pake subwoofer legacy 6 inch tapi kenapa lampu indikator proteck ampli nya berkedip yah..adaptornya 12v 3.5amp terus ganti 18v 3amp ganti lagi 12v 5amp masih sama juga...mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang 1500 watt berarti kurang banget...hitungan o'ongnya P=V.I anda pakai adaptor 12v/3,5 amp..artinya dayanya cuma 12x3,5= 42 watt...mana kuat nopang 1500 watt...coba pakai power supply minimal 15-20Amp deh...lumayan

      Hapus
  2. Gan mnta solusinya jika power audio 4chanel,merk nakamichi,kerusakannya sempat baru" sj terjadi,dia keseringan proteck saat arus aki yang besar,padahal aki yang saya pakai 40 amper dan sebelumnya aman" sj,tetapi kemarin,dia proteck dan lampu biru hanya nyala sesaat,kisaran cman sedetik lampu biru menyala,trus kembali proteck,itu solusinya gimana yh

    BalasHapus
  3. 5 amper gak kuat klw 12 v. Pake psu bekas aja murah. Cari yg 12v nya diatas 15amper

    BalasHapus
  4. Maaf mas numpang tanya kenapa power tape mobil saya kadang protect kda gak blang tkang service ad mslah dkabel d mobil saya ap bener gtu mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa coba di cek aja mas.. ke tukang servisnya.

      Hapus
  5. Bos mau nanya nih, q punya compo aiwa nsx k580 . Beberapa hari kemarin setelah dinyalain g lama sudah keprotect . Sekarang lebih parah g bisa nyala tp indikator protectnya tetep nyala . N klo dinyalakan tombol power, high sepeakernya bunyi jedug, tp untuk speaker soround n low speakernya g ada bunyi apa2 . Kira2 penyebabnya apa ya mas, mohon pencerahannya . Makasih

    BalasHapus
  6. Gan ,,,,,

    Kenapa power saya protetch yah habis ngedengerin musik, pake speaker 2 bagus yang 150 w,,,,,

    Lama-kelamaan jadi protech terus pas panas,,,,,,

    Mohon jawabannya gan,,,,,,,,

    BalasHapus
  7. Gan mohon pencerahan Head Unit saya nakamichi, kabel buat remote powernya gak bisa mati meskipun head unit sudah di matiin mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rem HU bermasalah gan, coba di reparasi/servis.
      Kalau gak bisa juga di atasi Rem out nya,,, coba pake cara manual.
      Tegangan Rem (12V) menuju Power Ampli, ambil dari Vcc dengan menggunakan swicth (on/off).

      Hapus
  8. Gan mau tanya powerku drmh Class D2K pkek PSU SMPS 20A 90VDC. Dan KWH dirmh cuma 450 Watt. Jika power dikasih bass lebih tau Vol dinaikan maka protect dipower akan bunyi ceklik ceklik. Apakah penyebabnya daya listrik rmah yg 450Watt kurang mksimal atau gimana. Mohon infoe mas. Mksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan, blog ini sebenarnya lebih fokus ke Power Ampli mobil..
      Tapi sy coba kasih masukan yaa.. mudah2an bermanfaat.

      Biasanya, jika menggunakan perangkat/peralatan elektronik dirumah, wattnya melebihi dari yg ditentukan (beban lebih), maka MCB turun.

      Tapi mungkin karna power agan dilengkapi relay protect, jadi ketika ada beban lebih (Ampli) dan arus listrik tidak mampu menyuplai, yang terjadi protect.

      Baiknya coba ke tempat yang memiliki arus diatas 2000 watt gan.
      Karna jika ampli agan murni, 20Amper x 90Volt = 1800 Watt (AxV=W).

      Semoga membantu.

      Hapus
  9. Permisi agan2" saya punya amplifer mobil yg nilainya 4200watt tp lampu power idup lampu protecion ga mau idup apa kira2" kerusakan yg di alami. Mohon bantuan agan semua terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, pertanyaannya sulit dipahami.
      Kalau lampu power hidup, itu tandanya power hidup.
      Kalau lampu protect Hidup, itu tandanya ada masalah/kerusakan di PA.

      Hapus
  10. Tape mobil diganti dari standar single Din ke Double Din (DHD 1076). Kalau Volume di naikkan suara tdk stabil.
    Mohon pencerahannya spesifikasi speaker apa yg cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tape mobil standar/ Head Unit bawaan mobil, umumnya design mesin lebih bagus "untuk kualitas suara", dibanding dengan double din universal yg biasa (multy fitur). HU standar mobil, output (watt) speakernya lebih bertenaga.

      Jadi kalau speaker yg mau dirubah, maka disesuaikan dengan power ampli yg digunakan (kalau pakai power ampli).

      Kalau tanpa power ampli, baiknya HU yg ditingkatkan kualitasnya, agar lebih sesuai dengan speaker standar mobil.

      Tapi semua itu juga kembali lagi ke standar mobil apa? Karena tiap mobil memiliki standar dan kualitasnya masing2, baik HU maupun speakernya.

      Hapus